facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

Bacalah Kalau Berani!! Inilah Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Menerangkan Tentang Adanya Siksa Kubur


Apakah pembicaraan mengenai siksa kubur juga tidak ada dalam Al-Qur’an? Kami akan membuktikan bahwa pembicaraan mengenai siksa kubur sebenarnya disebutkan pula dalam Al-Qur’an. Sehingga dengan sangat pasti kita dapat katakan bahwa pembicaraan mengenai siksa kubur adalah mutawatir karena riwayat Al-Qur’an adalah mutawatir bukan ahad.


Ayat pertama : Siksaan bagi firaun dan pengikutnya dialam kubur.
Allah swt berfirman :
“ Dan firaun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada malaikat), Masukkanlah firaun dan kaumnya kedalam azab yang sangat keras. (QS.Al-Mu’min : 45-46)

Mari kita perhatikan penjelasan para tafsir mengenai potongan ayat ini : Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, Al-Qurthubi mengatakan, sebagian ulama berdalil dengan ayat ini tentang adanya azab kubur. Pendapat inilah yang dipilih oleh Mujahid, Ikrimah, Maqotil, Muhammad bin Kaab. Mereka semua mengatakan bahwa ayat ini menunjukkan adanya siksa kubur didunia. (Al Jaami Li Ahkamil Qur’an, 15/319)

Asy-Syaukani mengatakan, yang dimaksud dengan potongan dalam ayat tersebut adalah siksaan dialam barzah (alam kubur). (Fathul Qodir, 4/705)

Fakhruddin Ar Rozi Asy Syafi’i rahimahullah mengatakan, para ulama Syafi’iyyah berdalil dengan ayat ini tentang adanya azab kubur. Mereka mengatakan bahwa ayat ini menunjukkan bahwa siksa neraka yang dihadapkan kepada mereka pagi dan siang (artinya sepanjang waktu) bukanlah pada hari kiamat nanti. Karena pada lanjutan ayat dikatakan, dan pada hari terjadinya kiamat. (dikatakan kepada malaikat) , Masukkanlah firaun dan kaumnya kedalam azab yang sangat keras (berarti siksa neraka yang dinampakkan pada mereka adalah di alam kubur). Tidak bisa juga kita katakan bahwa yang dimaksudkan adalah siksa dunia. Karena dalam ayat tersebut dikatakan bahwa neraka dinampakkan pada mereka pagi dan siang, sedangkan siksa ini tidak mungkin terjadi pada mereka ketika didunia. Jadi yang tepat adalah dinampakkannya neraka pagi dan siang disini adalah setelah kematian(bukan didunia) dan sebelum datangnya hari kiamat . Oleh karena itu,ayat ini menunjukkan adanya siksa kubur bagi firaun dan pengikutnya. Begitu pula siksa kubur ini akan diperoleh bagi yang lainnya sebagai mana mereka. (Mafaatihul ghoib, 27/64)

Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan, ayat ini adalah pokok aqidah terbesar yang menjadi dalil bagi Ahlussunnah Wal Jamaah mengenai adanya azab (siksa) kubur yaitu firman Allah swt :
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang. (tafsir Al-Qur’an Al-Azhim, 7/146)

Ibnu Qayyim rahimahullah menafsirkan ayat diatas, kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, ini adalah siksaan di alam kubur. Sedangkan ayat yang artinya Dan pada hari terjadinya kiamat adalah ketika kiamat kubra(kiamat besar). (At Tafsir Al Qayyim, hal.358)

Ayat lain yang membicarakan siksa kubur, Allah swt berfirman :
“ Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta “. (QS.Thahaa :124)

Ibnu Qayyim mengatakan, bukan hanya satu orang salaf namun lebih dari itu, mereka berdalil dengan ayat ini tentang adanya siksa kubur. (At Tafsir Al Qayyim, hal.358)

Begitu pula Ibnul Qayyim rahimahullah menyebutkan ayat-ayat lain yang menunjukkan adanya siksa kubur. Kita dapat melihat pula dalam surat Al Anam, Allah swt berfirman :
“ Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat diwaktu orang-orang yang dzalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata) : “ Keluarkanlah nyawamu “ Dihari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan karena kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya “. (QS.Al Anam :93)

Adapun perkataan malaikat (yang artinya) , dihari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan. Siksa yang sangat menghinakan disini adalah siksa di alam kubur, karena alam kubur adalah alam pertama setelah kematian. (At Tafsir Al Qayyim, hal.358)

Begitu juga yang serupa dengan surat Al Anam tadi adalah firman Allah swt :
“ Kalau kamu melihat ketika para malaikat mencabut jiwa orang-orang yang kafir seraya memukul muka dan belakang mereka (dan berkata) “ Rasakanlah olehmu siksa neraka yang membakar “, tentulah kamu akan merasa ngeri “. (QS.Al Anfal :50)

Siksa yang dirasakan yang disebutkan dalam ayat ini adalah di alam barzakh karena alam barzakh adalah alam pertama setelah kematian. (At Tafsir Al Qayyim, hal.358) [reportaseterkini.net
loading...
Bacalah Kalau Berani!! Inilah Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Menerangkan Tentang Adanya Siksa Kubur Bacalah Kalau Berani!! Inilah Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Menerangkan Tentang Adanya Siksa Kubur Reviewed by Unknown on 3:20 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.